BAB I
PENDAHULUAN
A.
Sejarah Singkat
Madrasah Aliyah Tarbiyatul Muta’allimin
Pasawahan yang sekarang lebih di kenal dengan MA “YATAMU” lahir berawal dari
keinginan akan adanya lembaga pendidikan Islam yang representatif dari para
tokoh ulama, guru, dan masyarakat di desa
Pasawahan untuk wilayah Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon . Berdirinya MA
“YATAMU” dianggap sebagai tidak lanjut keberhasilan Yayasan Tarbiyatul
Muta’allimin (YATAMU) yang sebelumnya sudah merintis Madrasah Ibtidaiyyah dan
Madrasah Tsanawiyah.
Pada awal tahun ajaran 1984, pertama kali MA
“YATAMU” melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dengan jumlah murid 15
siswa yang menempati salah satu ruangan milik madrasah Tsanawiyah. Seiring
dengan semakin majunya sarana prasarana, guru-guru yang profesional, dan
tingginya minat orang tua untuk memasukkan anak-anaknya ke MA “YATAMU” kini
jumlah siswa mencapai 425 dengan 11 rombel. Diprediksikan setiap tahun akan
semakin bertambah baik dari segi kwalitas maupun kwantitasnya.
Sejak berdiri pada tanggal 1 April 1984, MA
“YATAMU” sudah dipimpin oleh dua orang yaitu: Bapak H. Samaun Bakry (1984-1989), H. Samhari (1990 s/d s 2013), dan Ahmad Mudzakir, S.Pd.I (2014 s/d sekarang). Setelah pemekaran desa dengan menggabung ke
kecamatan Susukanlebak, MA “YATAMU” merupakan satu-satunya madrasah aliyah yang
tetap eksis dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah umum.
B.
Tokoh Pendiri
Berdirinya MA “YATAMU” Pasawahan tidak lepas
dari jasa-jasa para tokoh yang sangat peduli terhadap pendidikan Islam yang berkualitas. Diantara
tokoh-tokoh tersebut antara lain: KH. Abdurrasyid, K. Abdurrahim, K. Abdurrosyad,
K. Syihabuddin dan tokoh-tokoh lainnya.
C.
Visi
Menjadi Lembaga pendidikan yang unggul dan
terkemuka dalam pembinaan keislaman dan keilmuan dengan mengapresiasi potensi
peserta didik sesuai perkembangan era global.
D.
Misi
1.
Menyelenggarakan pendidikan yang akan melahirkan lulusan beriman
dan bertaqwa serta memiliki kemampuan kompetitif dan keunggulan komparatif;
2.
Melakukan pembinaan kesehatan fisik sehingga terbentuk keseimbangan
kekuatan keilmuan dengan perkembangan jasmani peserta didik;
3.
Melakukan inovasi kurikulum dengan aksentuasi pada pembinaan
keislaman, sains dan teknologi serta apresiatif terhadap kecenderungan
globalisasi dengan tetap berpijak pada kepribadian;
4. Melakukan pembinaan tenaga kependidikan yang profesional yang
menguasai bidang ilmu yang mendukung tugasnya, etos kerja yang tinggi, serta
kepribadian pedagogis yang islami;
5.
Mengupayakan tersedianya sarana prasarana dan fasilitas belajar
mengajar yang dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk dapat
mengikuti kegiatan belajar seluas-luasnya.
E.
Tujuan
1.
Terselenggaranya pendidikan yang akan melahirkan lulusan beriman
dan bertaqwa serta memiliki kemampuan kompetitif dan keunggulan komparatif;
2.
Terwujudnya peserta didik yang memiliki keseimbangan antara
kekuatan jasmani dan rohani serta kepedulian sosial;
3.
Terwujudnya kurikulum yang memiliki kekuatan pada pembinaan
keislaman, sains dan teknologi serta apresiatif terhadap kecenderungan
globalisasi dengan tetap berpijak pada kepribadian Indonesia dan kemampuan
potensi anak;
4.
Tersedianya tenaga kependidikan profesional yang dalam melaksanakan
tugasnya didukung oleh ilmu pengetahuan yang relevan, memiliki etos kerja,
loyalitas, dan dedikasi yang tinggi yang dilandasi akhlak mulia;
5.
Tersedianya sarana prasarana dan fasilitas sumber belajar yang
dapat memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk dapat belajar
seluas-luasnya, sehingga madrasah benar-benar berfungsi sebagai pusat
pembelajaran.
F.
Pilar Keunggulan
Sains,
Bahasa, dan Akhlakul Karimah
G.
Motto
Dzikir –
Fikir – Ikhtiar
H.
Slogan Mutu
Anggun
dalam Moralitas Unggul dalam Kwalitas
I.
Logo Madrasah
BAB II
AKADEMIK
A.
Struktur dan Muatan Kurikulum
Struktur
kurikulum madrasah aliyah adalah pola dan susunan mata pelajaran yang harus
ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di madrasah aliyah
selama 3 tahun mulai kelas X sampai XII. Sedangkan muatan kurikulum adalah
kedalaman kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada setiap mata
pelajaran sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.
Struktur
kurikulum Madrasah Aliyah tarbiyatul Muta’allimin (YATAMU) Pasawahan kecamatan
Susukanlebak Kabupaten Cirebon meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh
dalam satu jenjang pendidikan selama 3 tahun
mulai kelas X sampai dengan kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan (SKL),
dan standar isi (SK dan KD) setiap mata pelajaran.
Adapun
struktur kurikulum Madrasah Aliyah Tarbiyatul Muta’allimin (MA “YATAMU)
Pasawahan sebagaimana tabel berikut:
Kelas: X
Komponen
|
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM
|
Alokasi waktu
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
||
A.
Mata
Pelajaran
|
|||
Pendidikan
Agama Islam
a.
Al-Qur’an
Hadits
b.
Aqidah
akhlak
c.
Fikih
d.
Sejarah
Kebudayaan Islam
|
70
70
70
-
|
2
2
2
-
|
2
2
2
-
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
65
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
65
|
2
|
2
|
4. Bahasa Arab
|
65
|
2
|
2
|
5. Bahasa Inggris
|
60
|
4
|
4
|
6. Matematika
|
60
|
4
|
4
|
7. Fisika
|
60
|
2
|
2
|
8. Biologi
|
60
|
2
|
2
|
9. Kimia
|
60
|
2
|
2
|
10. Sejarah
|
65
|
2
|
2
|
11. Geografi
|
65
|
2
|
2
|
12. Ekonomi
|
65
|
2
|
2
|
13. Sosiologi
|
60
|
2
|
2
|
14. Seni Budaya
|
65
|
2
|
2
|
15. Penjaskes
|
70
|
2
|
2
|
16. TIK
|
70
|
2
|
2
|
17. Listening and speaking English
|
70
|
2
|
2
|
B.
Muatan
Lokal
1.
Keterampilan
Agama
2. Nahwu
|
70
70
|
2
2
|
2
2
|
Kelas XI dan XII
Komponen
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
||||
SKM
|
Alokasi waktu
|
SKM
|
Alokasi waktu
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|||
A.
Mata
Pelajaran
1.
Pendidikan
Agama Islam
|
||||||
a. Al-Qur’an Hadits
|
70
|
2
|
2
|
70
|
2
|
2
|
b. Aqidah Akhlak
|
70
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
c. Fikih
|
70
|
2
|
2
|
70
|
2
|
2
|
d. Sejarah Keb. Islam
|
-
|
-
|
-
|
70
|
2
|
2
|
2.Pend.
Kewarganegaraan
|
67
|
2
|
2
|
67
|
2
|
2
|
3.
Bhs.
Indonesia
|
67
|
2
|
2
|
67
|
2
|
2
|
4.
Bhs.
Arab
|
70
|
2
|
2
|
70
|
2
|
2
|
5.
Bhs.
Inggris
|
67
|
2
|
2
|
67
|
2
|
2
|
6.
Matematika
|
62
|
2
|
2
|
62
|
2
|
2
|
7.
Geografi
|
67
|
2
|
2
|
67
|
2
|
2
|
8.
Ekonomi
|
67
|
2
|
2
|
67
|
2
|
2
|
9.
Sosiologi
|
67
|
2
|
2
|
67
|
2
|
2
|
10. sejarah
|
67
|
2
|
2
|
67
|
2
|
2
|
11. Seni Budaya
|
71
|
2
|
2
|
71
|
2
|
2
|
12. Penjaskes
|
71
|
2
|
2
|
71
|
2
|
2
|
13. TIK
|
71
|
2
|
2
|
71
|
2
|
2
|
14. Listening English
|
71
|
2
|
2
|
71
|
2
|
2
|
B.Muatan lokal
1. Nahwu
2. Ket. Agama
|
71
71
|
2
2
|
2
2
|
71
-
|
2
-
|
2
-
|
B.Tenaga Pendidik
No
|
Nama Guru
|
Jabatan
|
Lulusan
|
Guru mata Pelajaran
|
1
|
H.
Samhari
|
Kepala MA
|
PGA 6 Thn
|
Qur’an Hadits, SKI
|
2
|
K. Syihabuddin B.A
|
Guru
|
IAIN Jkt
|
Keterampilan Agama
|
3
|
Nashihuddin, M.AG
|
Guru
|
UIN Bdg
|
Fikih, sejarah
|
4
|
Inayah, S.Ag
|
Guru
|
UIN Bdg
|
Bhs.Arab, nahwu, SBD
|
5
|
Ahmad Mudzakir, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Ekonomi, Geografi
|
6.
|
St. Hindun, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Matematika, Fisika
|
7
|
Ni’matul Khotimah, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Bhs. Inggris, Bhs. Indo
|
8
|
Durrotun Najihah, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Aqidah Akhlak
|
9
|
Julaeha, S.Pd
|
Guru
|
Yasika Mjlk
|
Matematika
|
10
|
Dede Lukman, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Bhs. Inggris, PKn
|
11
|
Musa’adah, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Sosiologi
|
12
|
Imas Maesyaroh, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Listening
|
13
|
Henry Irwansyah, S.SI
|
Guru
|
UNJ JKT
|
Penjaskes
|
14
|
Ibnu Ubaidillah, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Listening, SBD
|
15
|
Dede Suprihatin, S.Pd
|
Guru
|
Unswagati
|
TIK
|
16
|
M. Dzulhikam, S.Pd.I
|
Guru
|
STAIN Crb
|
Biologi
|
C.
Fasilitas dan keunggulan
Ø Belajar pagi hari
Ø Ruang kelas yang nyaman,
Ø Perpustakaan
Ø Laboratorium Komputer dilengkapi jaringan
internet
Ø Koperasi sekolah
Ø Sarana olahraga (bola voly, badminton,
sepak takraw, putsal, tenis meja dll)
Ø Guru lulusan S1 dan S2 yang sangat kompeten
dan profesional
Ø Kedisiplinan yang sangat tinggi
Ø Gratis praktikum komputer
Ø Beasiswa Siswa Miskin (BSM)
Ø Bebas uang gedung
Ø Bebas Internet (pasilitas hotspot area)
Ø Gratis Jas almamater, kaos olahraga, dan
batik
Ø Kegiatan ektrakulikuler : Paskibra, olah
raga, Marching Band, tari adat, dan musik
Hadroh
Ø Bagi yang ingin memperdalam ilmu agama
kajian kitab ulama salaf terdapat pondok pesantren yaitu Pondok pesantren
Al-Anwar putra dan putri.
D.
Janji Siswa
1.
Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, abdi terhadap tanah air dan
bangsa, setia kepada Pancasila dan UUD 1945;
2.
Adab terhadap orang tua, hormat terhadap guru, srerta menjunjung
tinggi derajat dan martabat sekolah;
3.
Belajar sungguh-sungguh bekal masa depan bangsa;
4.
Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan;
5.
Menjadi warga masyarakat
yang baik dan pemuda Indonesia yang bertanggung jawab
BAB III
TATA TERTIB PESERTA DIDIK
A.
Jam Belajar dan kehadiran
1.
Kegiatan Belajar Mengajar dimulai jam 7.00 s/d 12.30;
2.
Peserta didik yang terlambat akan diproses oleh Pembina osis, guru
BP dan Pengurus OSIS;
3.
Izin lebih dari 3 (tiga) hari harus melalui Kepala Madrasah atau
Guru Piket;
4.
Memulangkan peserta didik sebelum jam pelajaran berakhir karena
sesuatu hal adalah wewenang kepala Madrasah.
B.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Sebelum Kegiatan Pembelajaran dimulai
a.
Peserta didik harus sudah berada di madrasah 15 (lima belas) menit
sebelum bel masuk dibunyikan.
b.
Peserta didik harus mengikuti do’a bersama sebelum masuk kelas
c.
Pengurus kelas dan petugas piket kelas telah mempersiapkan
perlengkapan belajar mengajar dan ruangan kelas, antara lain: membersihkan
papan tulis, mengisi buku jurnal kelas, mengisi absensi siswa, dan membersihkan
seluruh ruangan kelas.
2.
Pada saat kegiatan Pembelajaran berlangsung
a.
Mengawali kegiatan belajar dengan membaca Al-Qur’an bersama-sama
yang dipimpin oleh ketua kelas atau pengurus kelas selama 5 (lima) menit;
b.
Mengikuti pelajaran dengan tertib, sopan dan sungguh-sungguh;
c.
Tidak diperbolehkan
mengerjakan pekerjaan lain selain pelajaran yang diberikan pada saat
itu;
d.
Tidak diperbolehkan meninggalkan kelas kecuali seizin guru yang
sedang mengajar dikelasnya atau kepada ketua kelas;
e.
Menjaga keindahan, kebersihan dan kerapihan kelasnya;
f.
Tidak diperbolehkan makan dan minum didalam kelas pada saat
pelajaran sedang berlangsung;
g.
Akif bertanya apabila ada hal-hal yang sulit dipahami atau kurang
jelas dari keterangan guru;
h.
Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan baik dan
sungguh-sungguh;
i.
Menempati tempat duduk yang telah diatur/ ditentukan oleh wali
kelasnya;
j.
Tidak boleh membawa barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan
pelajaran;
k.
Tidak boleh merusak dan/ mencoret-coret kursi, meja, tembok dan
fasilitas lain dengan alat tulis (spidol, pulpen, tip ex, dll)
l.
Tidak boleh menyontek atau memberikan contekan kepada siapapun pada
saat ulangan atau ujian;
m.
Ketua kelas harus melaporkan kepada guru piket apabila setelah 10
menit guru yang seharusnya mengajar belum memasuki kelas;
n.
Tidak boleh menerima telepon / mengaktifkan hand phone (HP).
3.
Pada saat Jam istirahat
a.
Lama jam istirahat adalah 30 (tiga puluh) menit.
b.
Memanfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat
mengikuti pelajaran selanjutnya dengan baik.
c.
Tidak dibenarkan jajan di luar lingkungan sekolah.
d.
Tidak dibenarkan meninggalkan sekolah tanpa seijin guru piket.
e.
Tidak boleh melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri dan
orang lain.
f.
Makan dan minum ditempat yang telah ditentukan dan tidak dibenarkan
makan dan minum sambil berjalan.
g.
Senantiasa menjaga kebersihan dengan membuang kemasan jajanan pada
tempat sampah.
h.
Pada saat jam istirahat usai, peserta didik sudah berada dalam
kelasnya dan siap mengikuti pelajaran selanjutnya;
i.
Ketua kelas atau wakilnya melaporkan kepada guru jika melihat atau
mengetahui peserta didik yang melakukan tindakan pelanggaran tata tertib
peserta didik.
4.
Pada saat Praktik Olah Raga
a. Mengikuti praktik olah raga kecuali ada alasan yang dapat
dipertanggungjawabkan.
b.
Peserta didik harus mengenakan pakaian seragam olahraga sebagaimana
yang telah ditentukan.
c.
Peserta didik harus memperhatikan dan mengikuti petunju guru dalam
menggunakan peralatan olah raga.
d.
Peserta didik harus merapikan dan membereskan kembali
peralatan-peralatan yang telah digunakan dan menyimpannya pada tempat yang
telah ditentukan.
5.
Pada saat praktikum Komputer
a.
Dilarang menghidupkan komputer tanpa seijin guru maupun guru piket.
b.
Menghidupkan, menjalankan, dan mematikan komputer harus sesuai
prosedur.
c.
Dilarang membuka situs porno atau situs-situs lainnya yang tidak
ada kaitannya dengan materi pembelajaran.
d.
Jangan memasukan flash disk atau memori kartu Hp ke CPU tanpa
seijin guru.
e.
Rapihkan kembali posisi mos, keyboard dan penutup monitor
f.
Dilarang makan dan minum di ruangan laboratorium Komputer.
g.
Menjaga kebersihan, ketertiban dan ketenangan ruangan
6.
Pada saat belajar di perpustakaan
a.
Mengikuti proses pembelajaran di perpustakaan dengan tertib.
b.
Menjaga kebersihan, ketertiban dan ketenangan ruangan.
c.
Tidak dibenarkan mencoret-coret, merobek atau merusak koleksi
perpustakaan.
d.
Meletakan kembali buku atau majalah
yang telah dibaca ketempat semula dengan rapih sebelum meninggalkan
perpustakaan.
e.
Taat dan atuh pada peraturan perpustakaan.
f.
Peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan dilakukan pada saat
jam istirahat maupun pulang sekolah.
7.
Izin meninggalkan pembelajaran yang sedang berlangsung
a.
Sakit atau terganggu kesehatannya setelah dilakukan pengamatan oleh
guru.
b.
Menjadi utusan atau delegasi madrasah untuk mengikuti lomba atau
kegiatan lainnya.
c.
Dibutuhkan keterangannya yang sedang ditangani oleh guru.
d.
Sedang melaksanakan sanksi atas pelanggaran lainnya
e.
Ada keperluan keluarga atau keperluan lain yang diinformasikan
dengan keterangan langsung orang tua/wali atau melalui surat.
8.
Pada saat kegiatan pembelajaran berakhir
a.
Pengurus kelas memimpin do’a dan salam kepada guru.
b.
Meneliti kembali perlengkapan pelajarannya dan tidak meninggalkan
buku atau eralatan lainnya di laci meja.
c.
Meningalkan kelas dengan tertib dan teratur setelah terlebih dahulu
guru meninggalkan kelasnya.
d.
Petugas piket harus merapihkan dan membereskan kelas.
C.
Pakaian Seragam
1.
Senin – Selasa
a.
Putra :
1)
Celana Panjang abu-abu dengan model sesuai ketentuan
2)
Baju putih lengkap dengan atribut sekolah (badge dan dasi abu-abu).
3)
Baju dimasukkan ke dalam celana dan menggunakan ikat pinggang warna
gelap
4)
Wajib Menggunakan jas almamater
b.
Putri :
1)
Rok panjang abu – abu dengan model sesuai ketentuan
2)
Baju putih dengan lengan panjang lengkap dengan atribut sekolah
(badge dan dasi abu-abu) serta memakai kerudung abu-abu.
3)
Dianjurkan baju dimasukkan ke dalam rok.
4)
Wajib memakai jas almamater
2.
Rabu – kamis
a.
Putra :
1)
Celana panjang abu-abu dengan model sesuai ketentuan.
2) Baju
Batik dianjurkan dimasukkan kedalam celana
3)
Dianjurkan memakai jas almamater
b. Putri
:
1) Rok panjang abu-abu dengan model sesuai
ketentuan.
2)
baju batik dianjurkan dimasukkan ke dalam rok
3) Dianjurkan memakai jas almamater
3. Sabtu – minggu
a. Putra :
1) Celana panjang hitam dengan model sesuai
ketentuan.
2) Baju Putih lengkap dengan atribut (badge dan
dasi hitam)
3) Dianjurkan memakai jas almamater
b. Putri
:
1) Rok panjang hitam dengan model sesuai
ketentuan
2) baju putih lengkap dengan atribut (badge dan
dasi hitam)
3) Kerudung hitam
4) Dianjurkan memakai jas almamater
D.
Larangan Peserta Didik
1.
Menyimpan, membawa, menggunakan, dan / atau mengedarkan natrkoba
atau barang-barang sejenisnya.
2.
Menyimpan, membawa, dan menghisap rokok di madrasah atau lingkungan
sekitarnya atau diluar sekolah dalam posisi memakai seragam sekolah.
3.
Membawa senjata api dan / atau senjata tajam, baik dalam asli
maupun dalam bentuk mainan.
4.
Mencorat-coret tembok sekolah, meja dan pasilitas sekolah lainnya.
5.
Membawa CD / VCD porno, kartu remi atau sejenisnya.
6.
Berkata-kata kotor atau mengejek nama orang tua sesama peserta
didik.
7.
Menyemir dan mencukur rambut dengan model dan batasan (jika ditarik
ke depan tidak menutupi alis, kesamping tidak menutupi telinga, dan kebelakang
tidak menutupi kerah) bagi siswa laki-laki.
8.
Memakai kalung, gelang, anting atau ditindik bagi siswa laki-laki.
9.
Mentato permanen atau temporer dan atau atribut lainnya.
10.
Berkelahi atau memprovokasi perkelahian baik sesama teman satu
madrasah maupun dengan peserta didik sekolah lain (tawuran).
11.
Memakai topi, sweater, rompi atau jaket ke dalam kelas.
12.
Bersikap seperti peserta didik perempuan dan sebaliknya.
13.
Membawa uang di luar batas
kewajaran.
14.
Mengenakai perhiasan dan make up yang berlebihan.
15.
Membentuk kelompok-kelompok (geng) yang dapat berpengaruh negatif.
16.
Berduaan, bermesraan dan / atau berpacaran di lingkungan madrasah
dan sekitar madrasah.
17.
Memakirkan kendaraan diluar lingkungan sekolah
E.
Siswa paling Disiplin
a.
Tiba di sekolah tepat waktu
b.
Kehadiran di atas 95 %
c.
Selalu melaksanakan kewajibannya sebagai siswa
d.
Aktif bertanya dan berpendapat ketika proses kegiatan belajar
mengajar berlangsung.
e.
Selalu memakai atribut lengkap.
f.
Selalu menjadi petugas upacara dan siap ditunjuk kapan saja.
g.
Aktif dalam setiap lomba yang dilaksanakan di sekolah.
h.
Menghormati guru
i.
Selalu melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
j.
Tidak pernah mengerjakan larangan-larangan sebagai peserta didik
BAB IV
KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU
AGAMA
Menuntut ilmu agama merupakan bagian dari ibadah, dimana setiap muslim
diperintahkan untuk mempelajarinya, masing-masing sesuai kemampuan yang Allah
berikan padanya.
Rasulullah Shallallahu
Alaihi Wasallam bersabda:
“Menuntut ilmu
merupakan kewajiban bagi setiap muslim.”
Disamping hukum wajibnya menuntut ilmu syar’i, Allah Ta’ala dan Rasul-Nya
banyak sekali menyebutkan tentang keutamaan menuntut ilmu, yang seharusnya
sebagai seorang muslim, menjadikan dalil-dalil tersebut sebagai penyemangat
lalu berusaha mengisi waktu-waktunya
dengan mempelajari kitabullah dan hadits-hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi
Wasallam. Sebab hal itu akan menjadi pedoman hidup seorang hamba yang mengharapkan
hidayah dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Rasulullah Shallallahu
Alaihi Wasallam bersabda:
إني قد تركت فيكم شيئين لن تضلوا
بعدهما كتاب الله وسنتي
"Sesungguhnya aku telah tinggalkan
untuk kalian dua pedoman yang kalian tidak akan tersesat setelahnya: kitabullah
dan sunnahku"
(HR.Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (1/172), dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu. Disahihkan Al-Albani dalam Shaih Al-jami’: 2937)
(HR.Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (1/172), dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu. Disahihkan Al-Albani dalam Shaih Al-jami’: 2937)
Berikut ini kami menyebutkan beberapa keutamaan ilmu
yang disebutkan didalam Al-qur’an dan As-Sunnah :
1). Ilmu adalah cahaya
Allah Ta’ala berfirman:
قَدْ
جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ
يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلَامِ
وَيُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَى صِرَاطٍ
مُسْتَقِيمٍ
“Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya
dari Allah, dan Kitab yang menerangkan . Dengan kitab itulah Allah menunjuki
orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita
kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke
jalan yang lurus.” (QS.Al-Maidah:5-6)
Kedua ayat ini
menunjukkan tentang keutamaan ilmu, yang disifatkan sebagai cahaya yang
membimbing siapa saja yang mengikuti keridhaan-Nya menuju jalan-jalan
keselamatan, berupa jalan yang menyelamatkan seorang hamba dari penyimpangan
dan kesesatan, dan mengantarkan seorang hamba menuju keselamatan dunia dan
akhirat, mengeluarkan mereka dari kegelapan, kegelapan syirik, bid’ah,
kemaksiatan dan kejahilan, menuju kepada cahaya tauhid, ilmu, hidayah, ketaatan
dan seluruh kebaikan.
Oleh karenanya, jika seseorang lebih condong mengikuti hawa
nafsunya, gemar melakukan kemaksiatan, yang menyebabkan hatinya menjadi gelap,
maka ilmu akan sulit menempati hati yang gelap tersebut, sulit menghafal ayat-
ayat Allah dan men-tadabburi-nya, sulit menghafal hadits-hadits Rasulullah
Shallallahu Alaihi Wasallam, memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupannya,
sebab tidak akan mungkin berkumpul dalam satu hati antara kegelapan maksiat
dengan cahaya ilmu. Diantara bait-bait syair yang masyhur dari Imam Syafi’i
tatkala Beliau mengadukan tentang buruknya hafalan Beliau kepada Imam Waki’ bin
Jarrah, Beliau mengatakan:
شَكَوْتُ إِلَى وَكِيْعٍ سُوْءَ
حِفْظِيْ فَأَرْشَدَنِي إِلَى تَرْكِ المَعَاصِي
وَأَخْبَرَنِي بِأَنَّ العِلْمَ
نُوْرٌ وَنُوْرُ اللهِ لَا
يُؤْتَى لِعَاصِي
Aku mengadukan kepada Waki’ keburukan hafalanku
Lalu Beliau membimbing aku untuk meninggalkan
maksiat
Beliau mengabarkan kepadaku bahwa ilmu itu
adalah cahaya
Dan cahaya Allah tidak diberikan kepada pelaku
maksiat
2). Ilmu merupakan tanda kebaikan seorang hamba
Ketika seorang hamba
diberi kemudahan untuk memahami dan mempelajari ilmu syar’i, itu menunjukkan
bahwa Allah menghendaki kebaikan bagi hamba tersebut, dan membimbingnya menuju
kepada hal-hal yang diridhai-Nya.
Kehidupannya menjadi
berarti, masa depannya cemerlang, dan kenikmatan yang tak pernah dirasakan di
dunia pun akan diraihnya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
من يُرِدْ الله بِهِ خَيْرًا
يُفَقِّهْهُ في الدِّينِ
“Siapa yang Allah
kehendaki kebaikan kepada seorang hamba maka Ia akan difahamkan tentang
agamnya.”(Muttafaq Alaihi dari Muawiyah bin Abi
Sufyan Radhiallahu anhuma)
Dan Rasulullah
Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
إِنَّ اللَّهَ عز وجل خَلَقَ خَلْقَهُ
في ظُلْمَةٍ فَأَلْقَى عليهم من نُورِهِ فَمَنْ أَصَابَهُ من ذلك النُّورِ اهْتَدَى
وَمَنْ أَخْطَأَهُ ضَلَّ
“Sesungguhnya Allah
Azza Wajalla menciptaan makhluk-Nya dalam kegelapan, Lalu Allah memberikan
kepada mereka dari cahaya-Nya, maka siapa yang mendapatkan cahaya tersebut,
maka dia mendapatkan hidayah, dan siapa yang tidak mendapatkannya maka dia
tersesat.”(HR. Ahmad )
3). Ilmu agama
menyelamatkan dari laknat Allah Azza Wajalla
Disebutkan dalam sebuah
hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu Anhu bahwa
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ
مَلْعُونٌ ما فيها إلا ذِكْرُ اللَّهِ وما وَالَاهُ وَعَالِمٌ أو مُتَعَلِّمٌ
“Sesungguhnya dunia itu
terlaknat, terlaknat segala isinya, kecuali zikir kepada Allah dan amalan-
amalan ketaatan, demikian pula seorang yang alim atau yang belajar.”(HR.Tirmidzi)
Berkata Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah Rahimahullah: “Setiap amalan yang dilakukan seorang hamba yang
tidak berbentuk ketaatan, ibadah dan amalan saleh maka amalan tersebut
merupakan amalan yang batil, sebab dunia ini terlaknat dan terlaknat segala
isinya kecuali sesuatu yang dilakukan karena Allah, meskipun amalan batil itu
menyebabkan seorang meraih kepemimpinan dan harta, maka seorang pemimpin bisa
menjadi Firaun, dan seorang yang gila harta bisa menjadi Qarun.” (Majmu’
fatawa:8/76)
4). Menuntut Ilmu,
jalan menuju surga
Disebutkan dalam sahih
Muslim, dari hadits Abu Hurairah Radhiallahu anha, bahwa Rasulullah Shallallahu
Alaihi Wasallam bersabda:
وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ
فيه عِلْمًا سَهَّلَ الله له بِهِ طَرِيقًا إلى الْجَنَّةِ
“Barangsiapa yang
menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah menudahkan baginya jalan
menuju surga.” (HR.Muslim)
Hadits ini menerangkan bahwa seorang yang keluar untuk menuntut ilmu, akan
menjadi sebab masuknya seorang hamba ke dalam surga. Mengapa demikian? Ya,
tatkala seorang muslim mempelajari agamanya dengan penuh keikhlasan, maka dia
akan dimudahkan untuk memahami mana yang baik dan mana yang buruk, antara yang
halal dan yang haram, yang haq dan yang batil, lalu dia berusaha mengamalkan
apa yang telah ia ketahui dari ilmu tersebut, sehingga ia menggabungkan antara
ilmu dan amal dengan keikhlasan dan mengikuti bimbingan Nabi Shallallahu Alaihi
Wasallam , maka dia menjadi seorang hamba yang diridhai-Nya, dan tiada balasan
dari Allah Ta’ala bagi hamba yang diridhai-Nya melainkan surga.
Banyak kaum muslimin yang beranggapan bahwa menuntut ilmu agama itu hanya
tugas para santri yang duduk di pondok-pondok pesantren. Tentu ini merupakan
persepsi yang salah, sebab setiap muslim telah diwajibkan untuk mempelajarinya,
sebagaimana yang telah kita sebutkan dari hadits Nabi Shallallahu Alaihi
Wasallam.
5). Ilmu lebih utama
dari ibadah
Rasulullah Shallallahu
Alaihi Wasallam bersabda:
فضل العلم أحب إلي من فضل العبادة و
خير دينكم الورع
“Keutamaan ilmu lebih
aku sukai dari keutamaan ibadah, dan sebaik-baik agama kalian adalah bersikap
wara’.(HR.Al-Hakim,)
Dalam riwayat lain,
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ على
الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ على سَائِرِ الْكَوَاكِبِ
“Sesungguhnya keutamaan
seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah, seperti keutamaan bulan dimalam
purnama dibanding seluruh bintang- bintang.”(HR.Abu
Dawud)
Beliau juga berkata:
“Tiada satu amalan yang
lebih utama dari menuntut ilmu jika niatnya benar.” (Jami’u bayanil ilmi:119)
YANG DIMAKSUD DENGAN ILMU
Yang dimaksudkan ilmu di sini adalah ilmu syar’i, ilmu yang diwahyukan
Allah kepada Rasul-Nya, dan diwariskan kepada para ulama pewaris para Nabi.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا
مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا
لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي
السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ
فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى
سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ
الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ
فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
Barangsiapa meniti satu jalan untuk mencari ilmu, niscaya –dengan hal itu-
Allah jalankan dia di atas jalan di antara jalan-jalan sorga. Dan sesungguhnya
para malaikat membentangkan sayap-sayap mereka karena ridha terhadap thalibul
ilmi (pencari ilmu agama). Dan sesungguhnya seorang ‘alim itu dimintakan ampun
oleh siapa saja yang ada di langit dan di bumi, dan oleh ikan-ikan di dalam
air. Dan sesungguhnya keutamaan seorang ‘alim atas ahli ibadah seperti
keutamaan bulan purnama daripada seluruh bintang-bintang. Dan sesungguhnya para
ulama itu pewaris para Nabi. Para Nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham,
tetapi mewariskan ilmu. Baramngsiapa yang mengambilnya maka dia telah mengambil
bagian yang banyak. [HR. Abu Dawud )
Marilah kita perhatikan hadits yang agung ini. Ketika Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan keutamaan menuntut ilmu pada awal
kalimat, dan keutamaan ‘alim (orang yang berilmu) pada pertengahan kalimat,
lalu pada akhir kalimat beliau n menjelaskan bahwa ilmu yang dimaksudkan adalah
ilmu yang diwariskan para Nabi, yaitu ilmu agama yang haq!
Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata: “Telah
diketahui bahwa ilmu yang diwariskan oleh para Nabi adalah ilmu syari’at Allah
‘Azza wa Jalla, bukan lainnya. Sehinga para Nabi tidaklah mewariskan ilmu
tekhnologi dan yang berkaitan dengannya kepada manusia.” [Kitabul ilmi, hal:
11, karya Syeikh Al-Utsaimin]
Ini bukan berarti bahwa ilmu dunia itu terlarang atau tidak berfaedah.
Bahkan ilmu dunia yang dibutuhkan oleh umat juga perlu dipelajari dengan niat
yang baik.
Beliau juga berkata: “Yang kami maksudkan adalah ilmu syar’i, yaitu: ilmu
yang yang diturunkan oleh Allah kepada Rasul-Nya, yang berupa
penjelasan-penjelasan dan petunjuk. Maka ilmu yang mendapatkan pujian dan
sanjungan hanyalah ilmu wahyu, ilmu yang diturunkan oleh Allah”. [Kitabul ilmi,
hal: 11, karya Syeikh Al-Utsaimin]
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:
نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مَقَالَتِي فَبَلَّغَهَا فَرُبَّ حَامِلِ
فِقْهٍ غَيْرِ فَقِيهٍ وَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ
Semoga Allah mengelokkan wajah seseorang yang telah mendengar perkataanku,
lalu dia menyampaikannya. Terkadang orang yang membawa fiqih (ilmu; pemahaman;
hadits Nabi) bukanlah ahli fiqih. Terkadang orang yang membawa fiqih membawa
kepada orang yang lebih fiqih (faham) darinya. [HR. Ibnu Majah )
KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU
Sesungguhnya keutamaan menuntut
ilmu sangat banyak, di sini cukuplah kami sebutkan beberapa faedah dari hadits
di atas yang telah kami sampaikan:
- Allah memudahkan jalan ke sorga bagi orang yang menuntut ilmu.
- Malaikat membentangkan sayap-sayap mereka karena ridha terhadap thalibul ilmi.
- Seorang ‘alim dimintakan ampun oleh siapa saja yang ada di langit dan di bumi, dan oleh ikan-ikan di dalam air.
- Keutamaan seorang ‘alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan purnama daripada seluruh bintang-bintang.
- Para ulama itu pewaris para Nabi.
BAB V
KIAT BELAJAR SUKSES
Imam Syafi'i berkata: "Saudaraku,
ilmu itu tidak bisa kau raih, kecuali dengan 6 hal : kecerdasan, kesungguhan, ketamakan,
bekal, dekat dengan guru, dan waktu yang panjang".
1. Kecerdasan
Agar kita sukses dalam belajar, maka kita harus cerdas hati dan akal. Ini komponen pertama yang dimaksudkan Imam Syafi'i. Kecerdasan yang tinggi tidak hanya dinilai dari IQ yang tinggi tapi juga EQ-nya harus tinggi. Bukan hanya akal yang harus hebat, hati pun harus bersih.
IQ bersifat turunan, ia tidak bisa ditingkatkan lagi kapasitasnya. sementara EQ, ia naik turun kualitasnya, tergantung pada kebaikan dan keburukan yang kita lakukan. Semakin banyak kebaikan yang kita lakukan, semakin tinggi kualitas hati;semakin banyak berbuat dosa, semakin rendah kualitas hati. Inilah rahasianya, mengapa ketika belajar, pelajaran itu sulit masuk dan cepat keluar. dosalah penyebabnya. Maka, tinggalkanlah dosa kalu ingin kecerdasan Anda berlipat ganda!!!
2. Kesungguhan
Komponen kedua kesuksesan dalam menuntut ilmu adalah kesungguhan. Seperti para sahabat Rasulullah walaupun sarana transportasi yang ada pada waktu itu hanya unta dan kuda, berbeda pada saat ini, namun tidak menghalangi mereka untuk menemui guru-guru utama yang bisa mengajari mereka ilmu dari tangan pertama.
3.Ketamakan
Komponen ketiga untuk meraih sukses dalam menuntut ilmu menurut Imam Syafi'i adalah tamak. Sifat tamak adalah sifat yang buruk, kecuali dalam menuntut ilmu, gairah kita dalam belajar akan sangat lemah. Karena itulah Rasullah saw memuji Abu Hurairah yang tamak dalam mengumpulkan hadist.
4.Perbekalan
Komponen keempat kesuksesan dalam menuntut ilmu adalah bekal. Bekal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menuntut ilmu. Seorang pelajar tentunya sangat membutuhkan buku-buku dan alat-alat tulis, biaya perjalanan, dan ongkos hidup selama ia menuntut ilmu. karena itu, bekal adalah salah satu faktor yang harus dipersiapkan seseorang ketika ia hendak menuntut ilmu.
5.Berguru
Komponen kelima untuk meraih kesuksesan dalam belajar adalah memiliki guru. Guru adalah jalan pintas atau jalan termudah untuk memperoleh ilmu. Seorang guru dapat menghindarkan kita dari kesalahpahaman. Dari guru itu pula kita bisa menimba kekuatan ruhani, karena yang namanya semangat tidak bisa dipelajari, tapi hanya bisa ditularkan oleh orang yang telah memilikinya. Dengan berguru pula kita bisa menghindari berbagai penyakit hati seperti ujub dan sombong.
6.Waktu Yang Panjang
Komponen keenam untuk meraih kesuksesan dalam belajar, menurut Imam Syafi'i,. adalah waktu yang panjan. Menuntut ilmu tidaklah seperti memakan cabe rawit: sekarang dimakan, dan sekarang pula terasa pedasnya. Tak pernah kita menemukan tumbuhan yang hari ini ditanam, dan pada hari ini pula berbuah.semuanya membutuhkan proses, dan proses menuntut ilmu membutuhkan waktu sangat panjang, bahka
No comments:
Post a Comment